Minggu, 08 April 2012

Cerita Dewo

                        









By : Devi Dwi Winasis



Sebuah kisah kehidupan dan percintaan seorang cowok bernama Raden putra sadewo arian permana diatmoko, sebut saja gue Dewo. Begitulah nama yang dikasih sama kedua orangtua  gue saat gue dilahirkan dulu. Gue sangat bersyukur tuhan menitipkan gue kepada mama dan papa, orangtua yang sangat sempurna buat gue. Kami tinggal di Bandung, gue anak pertama dan anak satu-satunya sampai saat ini. Betapa indahnya masa kecil gue yang gue lalui bersama mereka. Papa adalah ayah yang sangat bertanggung jawab bagi keluarga, beliau memiliki sebuah cafe dan beberapa usaha sampingan lainnya. Jadi mama pun cukup menjadi ibu rumah tangga yang baik.
Saat itu, waktu mereka ngerayain ulangtahun gue saat gue berumur lima tahun. Masih sangat teringat jelas di pikiran gue betapa indahnya masa-masa itu. Saat itu mereka memberi sebuah mobil mainan. Begitu bahagianya gue saat itu, bukan karena mobil mainan yang dikasih mereka. Tapi lantaran gue bisa ngerasain kehangatan kasih sayang yang mereka kasih ke gue dengan tulus. Gue pun beranjak dewasa dan melewati semuanya bersama mereka dalam keluarga kecil gue ini.
Di hari pertama gue masuk sekolah di kelas 1 SD, mama mempersiapkan semua keperluan yang mau gue bawa. “anak pinter, nanti di sekolah ga boleh nakal ya sayang” ucap mama, “iyaa mama” jawab gue. Mama dan papa pun nganterin gue ke sekolah. Mama selalu mengajarkan gue bagaimana menjadi orang baik, orang yang selalu mengingat Tuhannya. Papa yang selalu mengajarkan gue menjadi laki-laki yang kuat dan bertanggung jawab.
Gue pun beranjak dewasa, kelas 1, 2, 3, 4, 5 SD pun telah gue lalui. Sampai akhirnya gue duduk di kelas 6 SD. Mama dan papa sangat menyayangi gue, tapi mereka ga pernah memanjakan gue dan memperlakukan gue seperti anak kecil. Mereka mengajarkan gue untuk selalu berusaha kalau gue menginginkan sesuatu. Mama pernah cerita kalo mama dulu cuma seorang pegawai di cafe papa, tapi papa adalah pemimpin yang bijaksana. Dia tidak pernah menganggap rendah para pegawainya. Dan lantaran si mama ini bisa di bilang pekerja keras jadi si papa suka deh sama pegawai macem mama ini. Nah lama-lama mereka mulai saling mengenal dan emmmm, lahirlah gue dari buah cinta mereka. Begitulah yang pernah di certain mama ke gue.
Keluarga kecil gue ini bisa di bilang keluarga harmonis, di puji-puji sama orang lantaran papa yang bertanggung-jawab banget sama keluarga. Usaha papa ini cukup memenuhi semua kebutuhan kami. Bertahun-tahun mereka menikah, sejauh itu semua baik-baik aja ga pernah gue liat mereka berantem hebat. Sesekali pernah gue mendengar mereka bertengkar tapi setelah itu, semua kembali seperti biasa.
Gue pun ngerasa beruntung karena tuhan menitipkan gue pada dua orang yang sangat bertanggung-jawab dan penyayang, yups mama dan papa gue. Mama dan papa juga punya agama yang cukup kuat hingga akhirnya terdidiklah gue menjadi anak yang mengenal tuhannya. ALLAH J
Kami selalu pergi bersama tiap akhir bulan, dulu sih tiap akhir pekan tapi lantaran papa sering sibuk di luar jadi kami pergi setiap akhir bulan.
Tapi saat itu, gue merasakan ada hal yang berbeda dari mama dan papa. Mereka sibuk di luar dengan urusannya masing-masing. Gue ngerasa sendiri, karna biasanya sesibuk apapun mereka, mereka selalu ada buat gue. Tapi saat itu gue pun ga mau mikir yang engga-engga. Toh mereka kan juga punya kesibukan masing-masing di luar sana, jadi gue ga boleh egois.
“wo, besok mama ada acara reuni temen SMA. Kamu di rumah sama papa ya” ucap mama, “oh iya ma. Cuma sehari kan?” jawab gue. “ dua hari wo, dewo gapapa kan di tinggal ?” Tanya mama. “gapapa ko ma, kan ada papa” jawab gue.
Keesokannya, mama berangkat pagi hari. “kamu baik-baik ya dirumah, kalo ada apa-apa telephone mama ya” ucap mama. “iya maa, tenang aja” jawab gue. Si mama pun berangkat, entah kenapa gue ngerasa sepi. Mungkin karena gue udah terbiasa selalu bareng sama mama. “lagi pula masih ada papa ko” ucap gue dalam hati.
Tapi tiba-tiba… “wo, papa baru dapet telephone ada tugas di luar kota. Kamu gapapa kan kalo papa tinggal di rumah sendiri?” Tanya papa. “iya pah, gapapa ko. Kan ada bi ita (pembantu di rumah gue)” saut gue. Tapi entah kenapa rasanya gue ga mau di tinggal sendiri.
Beberapa hari ke depan pun gue harus sendiri tanpa ada mama dan papa. Gue bener-bener ngerasa ada yang beda, mama dan papa sama sekali ga pernah nanyain kabar gue. Ga pernah telephone gue, huuh. Si mama yang pamit mau pergi dua hari, toh belom juga pulang padahal udah tiga hari. Gue coba hubungin handphone mama dan papa tapi ga ada yang aktif. “pada kemana sih mereka, gue ga mau mikir yang engga-engga. Ya ALLAH, lindungilah mama dan papa” ucap gue dalam hati.
Tiba-tiba..
“assalamualaikumm..” suara seseorang sambil mengetuk pintu. “mama”, ucap gue dalam hati. Gue buru-buru bukain pintu, dan benar tenyata mama yang datang. Gue yang saat itu masih kelas 6 SD dan sebelumnnya belom pernah di tinggal sama mama dan papa, langsung meluk si mama. “maa, dewo kangen banget” ucap gue. “Iya maaf mama baru pulang dan ga kasih kabar” jawab mama. “maa, papa kemana ko belom pulang?” Tanya gue. “papa lagi ada tugas di luar kota” jawab mama. “ouuuhhh” jawab gue saat itu.
Keesokan harinya papa pun pulang. “papa kemana aja sih?” Tanya gue. “Maaf ya, papa pulangnya lama” jawab papa. “nih, papa beliin kamu mobil-mobilan baru” ucap papa. “asiiiikkkk” teriak gue. Dan mobil-mobilan baru itu membuat gue lupa akan kebingungan gue pada mama dan papa. (secara saat itu gue masih kelas 6 SD, jadi gue ga perpikir macem-macem tentang mereka. Hari-hari pun berlalu, entah kenapa gue ngerasa semua jadi berbeda semenjak kejadian itu. Kita jarang pergi dan kumpul bareng. Gue ngerasa ada jarak, yang gue gatau kenapa. Gue pun cuma bisa diem aja, karna gue ga ngerti apa-apa.
Sebentar lagi gue mau ujian kelulusan, dan bakal ngelanjutin ke SMP. Mama dan papa selalu ngasih dukungan ke gue. Dan gue ga lagi ngerasa mama dan papa berbeda, karena sekarang mereka udah kayak dulu lagi. Selalu ada buat gue. Dan gue pun ga mau mengecewakan mereka, gue belajar sungguh-sungguh karena gue mau masuk SMP negeri favorit di Bandung.
Tapi kalo sekarang keadaan jadi kayak gini, gue pun ga pernah menyalahkan tuhan atas keadaan ini. Thanks GOD masih ngasih gue kekuatan buat berjalan sendiri tanpa mereka sampe detik ini.

Semuanya berubah sejak gue duduk di kelas 2 SMA, ga ngerti kesambet setan apa bokap gue yang dulunya begitu mencintai nyokap gue ketawan selingkuh. Anjrit sialan banget tuh bokap !!

Waktu itu nyokap gue lagi mudik lantaran nengokin orangtuanya di kampung. Waktu itu gue izin sama bokap bakal balik malem lantaran mau nonton acara musik. Tapi berhubung mendadak gue ga enak badan, gue balik lebih awal. Gue liat motor bokap udah ada di depan rumah. Gue langsung masuk lantaran pintu ga di kunci. Gue denger ada suara perempuan dari kamar nyokap, pikir gue nyokap udah pulang kali. Tapi semakin gue berjalan mendekati kamar suara itu makin jelas dan gue tau itu bukan suara nyokap gue. Tanpa ketuk pintu, gue langsung buka pintu kamar. Dan lu semua pasti tau apa yang terjadi, yupss gue liat bokap gue selingkuh bawa cewe lain ke kamar nyokap gue. Anjrit !!

Tangan gue langsung melayangkan pukulan keras di perut bokap, lu tau gimana rasanya jadi gue pada saat itu. Sumpah sakitt !!
Gue ga bisa ngebayangin gimana perasaan nyokap tau kelakuan bokap kayak gini. Bokap macem apa lu !! gue malu punya bokap kayak lu !! shitt ..
Gue langsung kabur dari rumah dan gatau apa yang harus gue lakuin, apa gue harus telepon nyokap dan certain kejadian tadi apa gue harus diem aja, gue bingung, ga sanggup gue nerima kenyataan ini !! Tuhan berikan hambamu ini jalan keluar. Please GOD

          Udah seminggu gue kabur dari rumah, nyokap gue ngasih kabar kalo nyokap udeh balik dari kampung dan gue harus pulang ketemu sama bokap sialan.
          Sampe di rumah gue gatau harus bersikap gimana, gue cium tangan nyokap dan nyokap sepeti biasa kasih pelukan sayangnya buat gue dan bawain oleh-oleh buat gue. Tapi sikap gue ke bokap tuh datar abis. Rasanya pengen banget gue kasih pukulan berkali-kali ke bokap karna itupun ga akan nyembuhin sakit hati gue kalo inget kejadian kemaren. Nyokap nanya sama gue kenapa gue ga cium tangan bokap, gue ga mau ngecewain nyokap jadi dengan terpaksa gue pun cium tangan bokap juga.
          Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan berlalu .. gue masih nyimpen cerita itu dari nyokap. Gue ga pernah ngomong sama bokap kalo ga ada hal penting. Bokap masih memperlakukan nyokap seperti biasa seakan-akan ga ada masalah apa-apa. Sialan banget tuh bokap !!

          Sebentar lagi gue ada ujian kenaikan kelas, gue harus fokus sama sekolah gue biar nyokap gue bangga sama gue karna sebelumnya pun gue sering jadi juara kelas. Tapi rasanya susah banget buat fokus sama pelajaran kalo keinget kejadian itu. Lu semua juga bakal ga sanggup kan kalo ada di posisi gue ..
          Waktu kenaikan kelas nilai gue jatoh abis, sukur-sukur gue naik kelas lantaran guru-guru tau kalo gue murid yang bisa di bilang cukup berprestasi. Nyokap gue bingung kenapa nilai gue bisa sejelek itu. Gue di sidang saat itu juga di depan nyokap dan bokap sialan itu, sumpah gue bingung harus ngomong apa. Please GOD help me ..
          Nyokap gue terus nanya-nanya ada apa sama gue yang belakangan ini berubah, gue coba yakinin nyokap kalo ga ada apa-apa Cuma emang gue nya aja yang sekarang jarang belajar. Nyokap si tetep ga percaya, tapi sekali lagi gue coba yakinin nyokap dan gue janji nilai gue ga akan kayak gitu lagi. Dan nyokap pun terima alesan gue .. si bokap sialan itu pun Cuma diem aja, ga guna !!
          Gue bener-bener fokus belajar buat ngebuktiin kata-kata gue ke nyokap, gue belajar mati-matian ngelawan sakit hati gue itu dan alhasil nilai gue pun kembali seperti sebelumnya dan nyokap pun bangga sama apa yang udah gue lakuin.
Enam bulan sudah semenjak kejadian itu, dan gue masih menutupinya dari nyokap. Enam bulan juga gue ngebenci bokap yang dulu gue sayang dan gue banggain. Gue Cuma berusaha nutup sakit hati gue, tapi gue ga akan  pernah lupa sama kejadian itu, sakit rasanya tiap gue inget kejadian itu !! shit sekali lagi shitt !!

Waktu gue jalan ke sebuah mall ga sengaja gue liat bokap sialan, ASTAGA dia sama cewe dan itu bukan nyokap gue. Dan lu tau teman, cewe itu bukan cewe yang ada di kamar waktu itu. Dia itu selingkuh sama berapa cewe sih, sumpah emosi tingkat tinggi gue. Pengen gue bunuh saat itu juga dengan tangan gue sendiri !! kalo lu jadi gue apa yang lu lakuin saat itu teman ???
Emosi gue ga kekontrol, gue langsung jalan kearah bokap sialan dan melayangkan pukulan kedua, ketiga dan keempat di perutnya. Kalo aja ada pisau di tangan gue, gue ga akan ragu bunuh tuh bokap sialan saat itu juga !!
          Kejadian waktu itu keinget lagi sakit hati itu kebuka lagi, gue maki-maki tuh bokap sialan di depan banyak orang guys. “masih berapa cewe lagi yang lu ajak tidur ? apa lu juga mau bawa nih cewe kerumah ?? hah punya otak ga si lu !! sialan lu, bokap macem apa lu !!” oceh gue dan antek-anteknya yang ga enak kalo disebutin di sini .. semua caci maki, kata-kata kasar itu ga akan bisa ngebuat sakit hati gue berkurang guys.


         

Gue gatau harus ngadu sama siapa,harus pergi kemana ..

Yang gue tau gue punya ALLAH yang selalu ada di hidup gue, tempat gue berkeluh kesah dan meminta. Gue curahin semua isi hati gue sama tuhan, gue berdoa supaya tuhan kasih gue jalan keluar.

          Sampe di rumah tuh bokap sialan lagi duduk sama nyokap. Gue masih nutupin rahasia yang sama dari nyokap. Dan lagi-lagi kejadian itu ngebuat gue ga bisa fokus sama pelajaran. Nilai gue turun, gue semakin menunjukan ketidaksukaan gue sama bokap dan bersikap kasar ke bokap sialan itu. Dan sekali lagi gue di sidang sama nyokap, dan kali ini bener-bener serius. Semua alesan yang gue ucapin ga bisa diterima sama nyokap. Nyokap pun ngebentak-bentak dan marah-marah ke gue. Sebelumnya nyokap ga pernah semarah itu lhoo ke gue guys.
          Gue udah ga tahan lagi, tanpa pikir panjang gue buka semua rahasia yang selama ini gue simpen. Gue bilang semua yang gue tau tentang kelakuan bokap yang kurangajar. Gue maki-maki bokap sialan di depan nyokap, nyokap Cuma nangis-nangis dan sumpah gue ga tega liat nyokap nangis kayak gitu gara-gara bokap sialan. Gue lari ke dapur ambil pisau. Oke kalo dia Cuma nyakitin gue, gue bisa terima. Tapi gue ga akan ngebiarin kalo dia nyakitin nyokap yang paling gue sayang. Nyokap Cuma nangis-nangis sambil megangin tangan gue yang berusaha nyakitin tuh bokap sialan. Nyokap bilang “jangan woo, jangan !!” tapi gue ga peduli, gue ga bisa terima. Sekali lagi, gue ga bisa terima !! sialnya tuh bokap sialan Cuma diem tanpa ekspresi. Shitt !!
         
Nyokap masih nangis-nangis sambil bilang jangan, gue yang udah kalap tetep berusaha ngelukain tuh bokap sialan pake pisau di tangan gue. Alhasil, tangan bokap tergores pisau gue dan berdarahlah tuh tangan bokap sialan. Nyokap malah langsung megangin tangan bokap sambil nangis-nangis, tapi bokap malah bersikap kasar sama nyokap dan ngelepas tangan nyokap dari lukanya dengan kasar. Alhasil gue semakin kalap liat si bokap sialan bersikap kayak gitu ke nyokap. Gue pun langsung melayangkan pukulan yang sebelumnya pun pernah gue lakuin ke dia. Tapi kali ini bokap sialan ga Cuma diem seperti yang udah-udah, dia ngasih perlawanan. Tangan gue pun di pegangnya dengan keras..
          Dia pun meminta nyokap menjelaskan semuanya ke gue. Gue bingung dan semakin bingung sebenernya apa yang terjadi tuhan ??
Nyokap yang masih nangis mencoba memulai pembicaraan yang sepertinya berat untuknya. Si bokap sialan terus memaksa nyokap buat ngomong. Guys, sumpah gue ga ngerti apa yang sebenernya terjadi !!
Nyokap mulai membuka mulutnya dan berusaha bercerita, tapi airmata nya tetap berlinang membuat gue semakin bertanya-tanya ada apa ini tuhan !!
“maa, kenapa? Mau ngomong apa? Sebenernya ada apa ??” banyak pertanyaan dari gue. Perasaan gue pun semakin ga karuan saat itu. Dan sekali lagi bokap sialan itu ngebentak nyokap “cepet ngomong !!” gue liat nyokap semakin ga kuat buat mengucapkan sesuatu itu. “maaa, kenapa ?? bilang sama dewo ada apaa ? jangan bikin dewo bingung maaa” dengan nada lirih semua pertanyaan itu keluar dari mulut gue.
 
“Se .. see .. seebenernyaa..”, “sebenernya apa maa??” Tanya gue ke nyokap. Gue liat nyokap semakin ga kuat buat berkata-kata lagi. Si bokap sialan sekali lagi ngebentak nyokap tapi nyokap gue Cuma bisa nangis. Anjrit hati gue semakin sakit rasanya berada dalam situasi ini. Si bokap sialan kayaknya ga sabar nunggu nyokap ngomong, dan akhirnya dia pun memulai pembicaraan. “Wo, sebenernya kami ini menikah dengan keterpaksaan, dan keadaan yang memaksa kami untuk menjalani penikahan ini”. Gue liat ada raut penyesalan di wajah nyokap, sumpah hati gue semakin tersiksa. Please GOD, help me ..
“teruss ??” tanya gue ke bokap sialan.

“Jadi, kamu itu anak haram yang lahir di luar nikah” . ”Stop, stop !!” teriak nyokap. Gue coba tenang ngedengerin kata-kata bokap..
“mama kamu itu dulu bekerja di cafe yang papa punya, papa mengenalnya cukup dekat. Dia perempuan yang baik dan pekerja keras. Tapi setelah dia bekerja cukup lama di Cafe papa dia mengundurkan diri. Mama kamu justru menjadi seorang pelacur, dia di hamili namun laki-laki yang menghamilinya tidak mau bertanggung-jawab. Dia kembali bekerja lagi ke cafe. Lama-kelamaan orang-orang menyadari perutnya semakin besar, mama kamu bingung harus meminta pertolongan pada siapa. Ia memohon pada papa untuk menikahinya, awalnya papa menolak namun papa merasa kasihan dan akhirnya menikahinya. Dulu papa pun adalah seorang laki-laki yang tidak benar namun sedikit demi sedikit lama-lama papa bisa berubah. Beberapa bulan pernikahan, kami mulai saling mencintai satu sama lain dan kami pun bahagia. Namun setelah lima tahun kelahiran mu, mama mu kembali lagi ke dunianya. Ya, tempat pelacuran. Papa merasa di hianati namun papa masih bisa menerimanya dan mama mu pun berjanji tidak akan mengulanginya. Namun setelah kamu berumur 14 tahun mama mu kembali lagi ke tempat pelacuran dan itu berjalan sampai saat ini. Setelah berkali-kali mama mu melakukan itu  tanpa kamu tau, papa pun tak bisa diam lagi. Kita bicara berdua, apakah perceraian adalah jalan terbaik. Tapi melihat kamu beranjak dewasa, kami tak tega menghancurkan kebahagiaan mu. Akhirnya papa biarkan mama mu kembali ke dunianya, tempat pelacuran. Lama-lama papa bosan dengan keadaan ini, dan papa pun juga kembali ke kehidupan papa yang dulu. Kami menutupi semua ini dari kamu, karna kami sayang padamu namun keadaan membuat kami bersikap seperti ini. Maafkan kami wo”..

“bener maa ??” Tanya gue meyakinkan

Nyokap Cuma diem dan nangis, “sekali lagi dewo Tanya maa, bener yang di bilang papa?”. “maa..maafkan mama woo” jawab nyokap yang mengartikan semua perkataan bokap itu adalah benar. Yups BENAR !!

Gila.. gila.. gilaa.. gue bener-bener ga percaya guys. Gue ga bisa berkata-kata lagi, hati gue sakit sesakit-sakitnya, perasaan gue ancur. Gue bener-bener kayak orang tolol disini. Mereka punya otak ga si !! tuhan…. Cobaan apa lagi ini ..
Nyokap berjalan kearah gue masih dengan tangisannya ia meminta maaf ke gue atas perlakuannya. Saat itu gue bener-bener ga bisa terima, kenapa gue baru tau semua ini sekarang ???? kalian pernah mikir ga si, gimana rasanya jadi gue? Ada di posisi gue ? kenapa harus sekarang, kenapa harus di saat gue mau ujian kelulusan semua masalah ini dateng dan kebuka satu persatu… L
Gue mau pergi !! PERGI !!
Gue harus pergi kemana buat nenangin diri gue.. Ya ALLAH tolong aku..
“Dewo bener-bener ga nyangka ternyata semuanya kayak gini, semua kebahagiaan yang kalian tunjukin di depan dewo semua palsu. Kenapa kalian bisa dan tega lakuin semua ini sama dewo. Kalo toh kayak gini cara kalian ngerawat dewo, dewo lebih milih untuk ga di lahirin ke dunia. Maa, dewo sayang banget sama mama. Mama, ibu yang baik yang dewo banggain. Dewo ga bisa liat mama nangis, dewo ga bisa tanpa mama. Mama selalu tersenyum meskipun dewo salah, mama ngajarin dewo jadi orang yang baik, jujur, rajin, dan inget sama ALLAH. Tapi kenapa kenyataannya kayak gini ma??” ucap gue ke nyokap. “maafin mama woo, maafin mama” jawab nyokap. “mama tau, dewo ga mau cerita ke mama tentang sikap papa karna dewo ga mau mama sedih. Dewo fokus belajar dan berusaha ngelupain masalah ini biar nilai dewo bagus lagi ma. Biar mama bangga sama dewo, semuanya buat mama. Buat MAMA !!” ucap gue lirih. Dan sekali lagi nyokap Cuma nangis sambil minta maaf.
          “Dewo maki-maki papa ma di depan orang banyak waktu dewo liat papa sama cewe lain. Dewo pukul papa ma, waktu papa bawa perempuan lain ke kamar mama. Dewo ga bisa ngebayangin gimana sakitnya mama kalo tau kelakuan papa. Dewo benci sama papa atas kejadian itu, dewo pengen bunuh papa biar papa ga nyakitin mama lagi. Tapi apa ma, mama yang buat keadaannya jadi kayak gini. Papa yang aku benci, justru orang yang bisa terima mama dalam keadaan yang mungkin oranglain ga bisa terima. Mama yang aku banggain justru orang yang ga bisa berterimakasih dan ngejaga titipan tuhan. Dewo kecewa sama mama, KECEWA maa !!”
          Bokap ngedeketin gue dan meluk gue kenceng, “maafkan papa wo ga bisa jadi contoh buat kamu, ga bisa jaga kamu. Kamu pantes benci sama papa”.
Gue Cuma diem dan ga sanggunp berkata-kata lagi, airmata gue pun ga bisa gue bendung lagi. Gue ga sanggup, ada dalam situasi ini .. gue memutuskan untuk pergi dari rumah, ninggalin semuanya ……
          Saat itu juga gue pergi ke tempat gue biasa menyendiri, gue curahin semua keluh kesah gue. Gue teriak sepuas hati gue.. tiba-tiba HP gue berdering .. “Dea ??” ya dea adalah teman cewe terbaik gue, dia selalu ada saat gue seneng maupun sedih. “kenapa de?” “gapapa, tadi nyokap lu telepon wo. Lu baik-baik aja? Lu dimana sekarang?” Tanya dea. “gue gapapa ko de, lagi pengen sendiri aja” “cepetan lu bilang lu dimana?” paksa dea. “gue di tempat biasa de”, “tunggu gue disitu ya” jawab dea.
Beberapa lama kemudian…
“lu kenapa wo, nyokap lu nelpon gue nangis-nangis?” Tanya dea panik. “gue gapapa de, lu liat kan nih gue gapapa” jawab gue sambil tersenyum meyakinkan. Dari awal gue emang ga cerita masalah ini sama dea. “ahh boong lu, serius nih gue wo ga mungkin nyokap lu nelpon gue nangis-nangis” Tanya dea penasaran. Dan akhirnya gue pun menceritakan semuanya ke dea, dea terlihat ga percaya mendengar cerita gue. “ini beneran woo??” Tanya dea meyakinkan. “ya, ampun de penting ga si gue ngarang cerita kayak gini”.
Dea terlihat bingung, gimana caranya ngehibur gue. Gue pun tak ingin membawa dea terlibat ke dalam masalah gue terlalu jauh. “lu harus pulang wo, gimana pun mereka orangtua lu. Orangtua juga bisa salah wo, kalo lu salah aja mereka maafin. Masa lu ga mau maafin mereka” kata dea. “gue bukan ga mau maafin de, tapi gue belom bisa terima. Gue masih ga percaya kalo semua ini terjadi sama gue. Lu gatau gimana rasanya jadi gue de, sakit sumpah sakit!!”, “iya gue tau, tapi bentar lagi kita ujian kelulusan. Lu mau 3 tahun SMA yang lu jalanin, prestasi-prestasi lu sia-sia kayak gini. Lu pulang kerumah, maafin mereka. Paling ga sampe kita lulus SMA wo. Abis itu terserah lu mau berbuat apa, asal yang positif ya” kata dea. “iya de, makasih ya lu selalu ada buat gue”
Akhirnya gue menuruti kata-kata dea, dea nganterin gue pulang ke rumah. “makasih wo kamu masih mau pulang kerumah” kata mama memeluk gue. “dewo pulang bukan berarti dewo maafin mama papa” , “iya kamu boleh marah sama kami tapi kamu jangan pergi ya” jawab mama.
Semua berjalan datar, ga ada lagi canda dan tawa. Gue Cuma nunggu waktu kelulusan itu. Setelah itu gue mau cabut dari rumah, karna bayang-bayang anak seorang pelacur itu selalu membayang-bayangi gue. Jangan pernah sebut gue anak durhaka karna gue belom bisa maafin mereka. Gue Cuma manusia biasa guys, sakit banget bertahun-tahun jadi orang bego yang gatau apa-apa di rumah lu sendiri. Punya keluarga yang di bangga-banggain sama orang tapi tenyata semuanya palsu. Cuma gue yang ga tau, sumpah bener-bener bego gue ga sadar kalo semua itu palsu !!


BUAT MAMA PAPA TERSAYANG..
“Mama Papa maafin dewo kalo dewo harus pergi dari rumah, makasih mama sama papa udah jaga dewo selama ini. Udah bahagiain dewo selama ini, meskipun tenyata semua itu palsu. Maafin dewo yang masih belom bisa terima semua ini sekarang. Dewo pasti bisa hidup tanpa kalian. Makasih udah rawat dewo sampe lulus SMA. Kalo kalian udah jadi orang yang bener, dewo siap pulang dan maafin kalian. Tapi kalo kalian belom bisa berubah, jangan cari dewo ya. Meskipun dewo belom maafin mama papa, tapi Dewo sayang banget sama mama dan papa. Makasih buat semuanya, maafin dewo”
Kata-kata itulah yang gue tulis di surat gue sebelum gue pergi dari rumah.



















CINTA DEWO 
 
CINTA … yups cinta
Indah banget kayaknya kalo ngomongin cinta, tapi kisah gue ini ga seindah kata cinta itu. Sebelunya gue mu bercerita sedikkit tentang temen-temen gue. Waktu SMA gue punya temen nongkrong bareng, tapi ga perlu gue sebutin satu-satu ya soalnya buanyakk. Yaa banyakk haha ..
Intinya anak tongkrongan gue biasa manggil gue tampan, yaa “tampan”. Seperti yang udah gue certain sebelumnya di awal cerita. Kata tampan ini sejujurnya adalah hinaan buat gue, tapi it’s oke lah no problem buat gue. “tongkrongan” kalo denger kata itu biasanya yang terpikirkan tuh yang negatif. Jadi disini gue jelasin kalo kegiatan anak-anak tongkrongan ini bukan Cuma sekedar nongkrong, hang out tapi juga suka belajar bareng. Alhasil mereka-mereka inilah yang ngebuat gue termasuk anak yang cukup berprestasi.
Ada lagi temen gue yang satu ini Dea. Yaaa Dea Aprilia..
Dia adalah temen gue dari kelas 2 SMP dan kebetulan satu SMA dan satu kelas pula. Dea itu temen gue yang TOP BGT lah J
Dia selalu support gue, selalu ada saat seneng maupun sedih. Wahh udah apa adanya banget lah sama si dea ini. Udah sama-sama tau jeleknya lah haha
          Akibat gue dan dea sering bareng-bareng dan keliatan berdua terus, dea sering banget nih jadi bahan ledekan anak tongkrongan. Pernah suatu hari gue ke tongkrongan sama dea. “ehh dea, ko mau si jalan sama si tampan” kata riko. “eh elu ko, namanya aja tampan, cewe mana si yang ga mau” tambah ari. “wah sialan lu pada, udah de jangan di tanggepin orang gila” jawab gue. “jangan marah-marah mas, nanti tampannya ilang.haha” saut bimo. “sabar yaa sabarrr” kata dea sambil mengelus kepala gue.
Temen-temen gue pada sialan kan guys, huhh begitulah sabar sabar aja dah gue ..!!
          Dea jugalah yang selalu nyemangatin gue waktu gue lagi ngedrop banget ngadepin masalah keluarga itu.
          Gue sama dea itu kemana-mana barengan, berhubung gue sama dea sama-sama jomblo jadi ga ada yang marah deh sama kedekatan kita.
Tapi tau ga si guys, semakin lama gue mengenal dea kayaknya gue punya feel deh sama dea. Dea punya feel juga ga ya sama gue guys …
Dea itu baik, sabar, asik, pinter pokoknya TOP BGT lah ..
Semakin lama gue ngerasa yakin sama perasaan gue kalo gue suka sama dea, tapi gue takut perasaan gue justru ngerusak persahabatan gue sama dea. Dan gue bener-bener yakin sama perasaan ini waktu duduk di kelas 1 SMA. Alhasil perasaan ini pun gue simpen sampe sekarang. Kadang suka terpikir si kenapa juga si dea yang manis itu belom punya pacar, tapi waktu gue tanya dia Cuma bilang mau fokus belajar dulu. Mau masuk universitas negeri yang bagus di Bandung. Yaudah pertanyaan gue berenti deh sampe disitu.
Kadang kalo lagi berdua sama dea, pengen deh bilang cinta. Tapi gue takut guys, bukan takut di tolaknya si tapi gue takut kalo gue jujur sama dia tentang perasaan gue ntar dia malah benci terus ngejauhin gue. Waahh sedih bener itu gue kalo kejadian begitu …
Guys, kadang gue juga ngerasa kalo si dea ngasih sinyal-sinyal lampu ijo ke gue buat bilang cinta sama dia. Tapiii ……….
Sekali lagi gue, GUE TAKUT DEA NGEJAUH DARI GUE !!
          Soalnya waktu itu dea pernah di godain sama temen gue, “de, lu sama dewo itu pacaran ya??” kata bimo temen gue. “ahh, ga ko. Gue sama dewo tuh temeeeen baiikkk J” jawab dea. Terus si bimo ga berenti nanya sampe disitu.. “ahh, boong lo. Udah bilang iya aja ko susah si de” saut bimo. “ihhh, ga ko beneran deh engga” jawab dea meyakinkan. “ahh lu bim, mana mau si dea sama dewo. Kan lu tau ketampanannya dewo tuh melampaui batas. Haha” saut riko. “hahaha iya-iya ko” saut dea. Nah dari situlah gue bikin kesimpulan kalo dea ga suka sama gue, yaiyalah secara dea itu kan cakep. Nah gue ?? *nyesekkk
          Udah berjalan hampir 2 tahun gue nyimpen perasaan gue ke dea. Sumpah ini berat banget buat gue, guuys ..
Kalo aja dea tau gimana perasaan gue ke dia, hmmm sekali lagi *nyesek L
          Sebentar lagi ujian kelulusan, dan ini masa-masa gue menghabiskan waktu sama dea. Soalnya, di awal cerita tadi gue udah jelasin kalo gue bakalan ninggalin keluarga, dea dan Bandung tercinta waktu gue lulus dari SMA. Berat banget buat gue ninggalin semuanya. Keluarga yang udah ngerawat gue selama 17tahun, meskipun saat ini sakit hati gue belom sembuh gara-gara kelakuan mereka tapi mereka tetep malaikat buat gue. Dea, berat banget buat gue ninggalin lu. Kalo aja lu bisa ikut gue ke jakarta, tapi sayang guys si dea ini udah ngincer universitas negeri di Bandung. Jakarta-Bandung emang deket, tapi gue berniat ga mau lagi dateng ke Bandung sebelum orangtua gue udah jadi orang bener.
          Masa-masa kelulusan itu pun datang, dan nilai gue pun ga ngecawain berkat dukungan dea dan usaha gue sendiri pastinya. Hari terakhir sebelum gue pergi ninggalin bandung, gue ngabisin waktu gue seharian sama dea dan anak tongkrongan. Ini masa-masa yang paling berat guys
          Abis ngebego bareng anak tongkrongan, gue ngobrol berdua dulu sama dea. Ga tega liat tampang dea yang keliatan sedih gitu, guys ..
          “wo, lu jangan pernah lupa sama gue ya” kata dea. “yailah de, ga bakalan lah. Lu tuh jangan lupain gue”, “lu ke Jakarta mau ngapain si? Disini ajalah kita kejar impian kita bareng-bareng wo” saut dea. “ga bisa de, gue kan udah bilang sama lu kalo gue ga bisa tetep disini. Sakit hati gue de, setiap inget gue itu anak seorang pelacur yang bokapnya ga jelas”, “apaan si lu, jangan ngomong gitu deh. Lu tuh dewo temen gue, sahabat gue yang baik, pinter, rajin ibadah, pokoknya lu tuh the best buat gue wo” kata dea. “makasih de, tapi tetep tinggal sama mereka pun ga bisa bikin gue maafin mereka saat ini. Gue harap lu ngerti deh”. “okee kalo menurut lu itu yang terbaik. Lu baik-baik ya disana, jaga diri lu jangan macem-macem disana dan tetep jadi dewo yang inget sama ALLAH” kata dea sambil meluk gue dan meneteskan airmata. Hiks hiks hiks .. Sumpah, pengen nangiss guys
Ga tega liat cewe yang gue sayang nangis kayak gitu
Perang batin nih gue, apa gue bilang ya kalo gue sayang sama dia. Kalo gue pengen dia jadi cewe gue?? *bingung
Tiba-tiba …….
“gue sayang sama lu woo” kata dea. Kata-kata dea rasanya bikin jantung gue berhenti berdetak seketika.. apa kuping gue ga salah denger ya ..
“emm, apaa de ?” tanya gue menegaskan. “iyaa gue sayang sama lu, lu lebih dari temen dan sahabat buat gue.. lu baik, lu segalanya buat gue wo. Berat banget ngebiarin lu pergi, setelah kebersamaan kita selama kurang lebih 5 tahun ini” jawab dea. Jawaban dea ngebuat gue diam sejenak, tenyata maksudnya si dea begitu. “ga wo, dea itu ga punya perasaan lebih ke lu. Jangan rusak hari terakhir lu ini dengan lu jujur tentang perasaan lu”. *ucap gue dalam hati..
Sekali lagi gue menyimpulkan kalo dea ga ada perasaan lebih ke gue. Dan sekali lagi di hari terakhir gue sama dea pun, gue masih harus nyimpen perasaan ini yang gatau sampe kapan gue sanggup nahan rasa cinta gue ini. *sedih
“besok berangkat jam berapa ?, gue anter ya” tanya dea. “pagi-pagi de, ga usah ya. Gue mau pergi tanpa di anter siapa-siapa”, “ko gitu?” tanya dea. “gapapa de, biar gue ga tambah berat ninggalin semuanya. Sumpah sejujurnya ini berat banget buat gue de”, “ookeee” kata dea. Dan sekali lagi dea terima keputusan gue.
Di hari terakhir itu gue kasih dea sepasang kalung, yang satu buat dia dan yang satu lagi buat gue. “di pake ya de, moga lu selalu inget sama gue”, “pasti !!” jawab dea sambil tersenyum. Gue tau senyum dea itu buat ngehibur gue, biar gue ga berat ninggalin semuanya. Thanks de, sekali lagi thanks :)
Pagi itu pun datang…..
Gue yang udah nyiapin barang yang akan gue bawa, masih aja lama keluar kamar lantaran memandangi seisi kamar yang udah gue huni kurang lebih 17tahun ini. “gue pasti kangen sama kamar ini” ucap gue dalam hati. Waktu gue keluar kamar…
“hai, gue Cuma mau kasih ini” kata dea sambil memberi ku sebuah kotak berwarna merah. “Astaga, gadis manis ku ada disini” … saut ku dalam hati
“jangan dibuka sekarang ya, nanti-nanti aja” saut dea sambil memberi ku senyum manisnya”. “makasih” jawab ku sambil membalas senyumnya dengan senyumku yang ga semanis senyum dea
Hadirnya dea bikin gue semakin berat ningalin semuanya…
Jujur, sebenci apapun gue sama ortu gue saat ini, tetep gue ga tega liat nyokap gue tersayang nangis. Bokap Cuma diem aja sambil mencoba menguatkan nyokap. “mama papa makasih udah rawat dan didik dewo sampe saat ini, maaf dewo belom bisa jadi anak kebanggan kalian” ucap gue sambil meluk ortu gue. Nyokap pun masih nangis dan masih mencoba menahan gue buat ga pergi, “maafin mama sama papa wo ga bisa jadi orangtua yang baik buat kamu” ucap nyokap. “kamu jaga diri baik-baik ya, tetep inget sama ALLAH, dan tetep jadi orang baik jangan kayak papa. Maafin papa wo” kata bokap gue sambil meluk gue.
Ga pernah kebayang keluarga yang dulu gue bangga-banggain ternyata harus gue tinggalin sekarang, kalo aja kalian ga kayak setan dan tetep inget sama ALLAH seperti yang kalian ajarin ke gue. Pasti semua ga akan kayak gini. *bukan menyalahkan takdir tuhan, tapi gue juga cuma manusia biasa yang masih harus banyak belajar ikhlas nerima keadaan.
Dan sekali lagi berat banget buat gue ninggalin gadis tersayang gue dengan perasaan yang masih gue pendem buat dia. “DEA APRILIA”.


“dee, jaga diri lu baik-baik ya. Jangan lupa sama gue” ucap gue sambil meluk dea. “iyaa wo, jangan lupa sama ALLAH ya. Lu harus sukses ya disana. Lu kasih tau gue ya nanti tinggal dimana, gue pasti nengokin lu disana” jawab dea dengan senyumnya yang menguatklan gue buat pergi.

Selamat tinggal semua ………..

“Buat anak-anak tongkrongan, gue bersyukur punya temen kayak lu semua yang selalu ada buat gue. Disaat gue punya masalah terberat di hidup gue, lu semua yang jadi pager buat gue supaya ga keluar dari ajaran tuhan. Buat selalu inget sama ALLAH. Meskipun panggilan “tampan” itu sejujurnya menyiksa gue tapi gue anggep itu semua bukan hinaan buat gue. Thanks buat kalian yang ga bisa gue sebutin satu-satu. Thanks, sekali lagi thanks”

“Buat dea, gadis ku tersayang..
Lima tahun bukan waktu yang sebentar buat gue mengenal lu de, lu begitu baik buat gue, lu yang selalu ada di hidup gue. Kalo aja lu tau kebersamaan kita udah menghadirkan cinta di hati gue buat lu de. Cuma gue ga berani bilang sama lu, karna gue yakin lu ga punya perasaan lebih buat gue. Jadi lebih baik gue simpen perasaan gue ini untuk gadis paling manis yang gue sayang “DEA APRILIA”. Gapapa kalo rasa ini gue simpen selamanya, asal gue tetep bisa liat lu, liat senyum lu. Makasih buat semua support dan senyum lu de, semua itu yang ngebuat gue kuat lewati semua masalah di hidup gue”
          Dan akhirnya sampe kepergian gue pun, gue masih nyimpen perasaan gue ke dea. Selamat tinggal gadis manis ku..
Gue janji gue akan balik ke Bandung kalo gue udah sukses, dan itu buat lu de..
Gadis manis yang gue sayang “DEA APRILIA”
          Buat nyokap dan bokap, semoga kalian jadi orang yang bener. Kembali inget sama ALLAH. Dewo ga pernah benci sama kalian, Cuma dewo belom bisa terima keadaan ini sekarang …


Selamat tinggal Bandung dan kenangannya ………









AKHIR CERITA DEWO


Setelah pergi ninggalin Bandung, naik bus dan bawa uang tabungan gue yang pas-pasan, sampailah gue di Jakarta …
          Gatau mau pergi kemana dan mau ngapain di kota Jakarta yang sumpek ini, gue berjalan sendiri dengan sejuta kenangan yang gue tinggalin di Bandung. “Jakarta, beri gue kebahagiaaannnn !!” teriak gue ..
          Hari pertama di Jakarta, gue ga mau buang-buang waktu. Gue coba ngelamar kerja kesana kemari tapii hasilnya NOL. Tapi gue ga akan nyerah, gue harus sukses, gue harus sukses, sekali lagi gue harus SUKSES !!

Malam pun tiba ..
Haduuh gatau mau tidur dimana, sodara gue ga punya, temen juga ga punya .. *malangnyaaa …
Malam ini tidur di pinggiran toko !! “ga boleh ngeluh wo, ga boleh !!” ucap gue dalam hati.
          Hari kedua, ketiga, keempat, kelima dan keenam ngelamar kerja hasilnya pun juga NOL. Sekali lagi, semangat woo !!
Setelah seminggu lontang-lantung di Jakarta, akhirnya gue dapet kerjaan. Ya lumayann lah, thanks GOD
          Sebulan, dua bulan, tiga bulan berlalu gue menjalani pekerjaan sebagai pelayan toko. Pemilik toko ini begitu baik ke gue, gue boleh tinggal di tokonya. Sooo, good bye bermalam di pinggiran toko.. J
Suatu hari, gue berjalan nikmatin malamnya Jakarta. Astagaa, gue lihat sejumlah wanita menjajakan dirinya di pinggir jalan. Ya Tuhan, mengapa kau tampakan situasi ini di hadapan ku. Gue teringat akan kata “pelacur” yaa pelacur. Plis jangan minta gue mengulang kata itu !
Situasi itu mengingatkan gue akan Bandung dan kenangannya, tapi gue ga boleh terpuruk dalam masa lalu. Yaaa ga boleh !!
          Suatu ketika ada turis asing yang dateng ke toko, gue dengan pinternya ngobrol pake bahasa inggris. Secara yaaa, gue anak berprestasi haha
Bos gue liat gue pinter bahasa inggris, dan setelah dia mengintrogasi gue dengan sejumlah pertanyaan. Terungkaplah dan percayalah dia kalo nilai-nilai di ijazah gue bukan Cuma sekedar nilai. Tapi emang lantaran gue cerdas. Sekali lagi memuji diri sendiri
Si bos bersedia menguliahkan gue di sebuah universitas di Jakarta, lantaran gue emang cerdas. masuklah gue di universitas Negeri..
*makasih boss :D
          Gue kuliah dan kerja di tokonya, gue kerja keras dan kuliah sungguh-sungguh karna gue ga mau ngecewain si bos. Dan gue udah janji gue bakal SUKSES !!. Setahun, duatahun berlalu gue gatau gimana kabarnya gadis manis pujaan hati gue “DEA”.. susah buat komunikasi sama dia lantaran HP gue dijual buat biaya hidup di Jakarta. Kadang kita Cuma telponan bentar Cuma buat sekedar say hello dan tanya kabar. Telpon via WARTEL sering-sering bikin gue ga hemat. “semoga lu baik-baik ya disana de” ucap gue dalam hati. Kabar terakhir yang gue tau, si dea ini akhirnya masuk universitas yang udah dia incer banget. *selamat ya :)
Tiap kali telponan sama dea, gue jadi inget Bandung dan kenangannya. Jadi, gue bilang sama Dea kalo ga bisa sering-sering kasih kabar ke dia. Dan terakhir dia bilang “gue nungguin lu wo, gue nungguin lu” ucap dea dalam telpon waktu itu. Gue ga ngerti maksudnya apa, menurut gue dia nunggu gue pulang ke Bandung. Yups, dia nunggu gue pulang ke Bandung. Dan gue Cuma bilang sama dia “iya gue bakal nemuin lu de, gue janji gue bakal sukses”.
Kalo kabar ortu gue si gue kurang tau juga, soalnya ga pernah telponan. Dea pun ga pernah ngomongin mereka karna dea ga mau ngebuat gue sedih lagi. Meski sejujurnya gue kangen sama mereka, tapi gue masih belom bisa nerima semuanya. “Tuhan, titip mama sama papa ya :) ” ucap gue dalam hati.
4tahun berlalu, gue telah lulus dengan gelar “SE” sarjana ekonomi. Terimakasih tuhan, thanks juga bos :D
Langkah gue ga berenti sampe di gelar SE, tapi ini adalah awal dari perjalanan gue menuju sukses. Yaaa, SUKSES !!
Si bos pun membiarkan gue mencari pekerjaan yang jauh lebih baik dari sekedar menjadi pelayan di tokonnya. Euh, si bos ini emang TOP BGT lah. Gue janji bos ga akan ngecewain lu dan gue tau ko caranya bales budi.
Gue yakin dengan prestasi gue yang keitung bagus, pasti ga akan susah buat gue cari kerja. Tapi ternyata… teteuppp cari kerja di Jakarta susahh euyy
Tapi sekali lagi, gue ga akan putus asa. Semangat semangat !!
Sebulan berlalu, dengan bantuan si bos gue dapet kerjaan di sebuah perusahaan dengan jabatan dan penghasilan yang cukup oke. Gue sengaja belom kasih tau dea, karna gue rasa belom waktunya gue bilang sama dea. Emm, tapi gimana kabarnya ya sama dea. Dia pasti udah sukses sekarang ..
Kabar terakhir yang gue dapet dari temen, katanya dea udah lulus kuliah dan udah jadi dokter. Selamet de, akhirnya impian lu tercapai. Dulu gue sama dea, sama-sama mau jadi dokter, tapi ternyata tuhan menggariskan jalan yang berbeda buat gue. Terimakasih tuhan selalu ada buat dewo ..
Setelah kurang lebih setahun gue kerja, gue bisa mengumpulkan duit untuk bales budi ke bos. Tapi si bos nolak bales budi gue mentah-mentah. Dia bilang “saya ikhlas bantu kamu, saya ga minta apa-apa saya juga ikut seneng liat kamu sukses” kata si bos. “tapi bos ini Cuma sekedar ucapan terimakasih saya, ga banyak” jawab gue. Si bos teteeup nolak, dia bilang “uangnya di simpen aja, atau kamu buka usaha aja wo” kata si bos. Mau gue paksa pun percuma, karna si bos pasti tetep nolak. Setelah gue pikir-pikir, bener juga kata si bos. Gue bikin usaha kecil-kecilan,rumah makan. Yupss ga segede kafe bokap di Bandung si, tapi gue belajar dari bokap gimana caranya ber-wirausaha. Dan si bos pun mendukung abiss usaha gue ini. Sekali lagi thanks boss ..
Setelah berjalan kurang lebih setahun, usaha gue ini pun terbilang sukses. Ga pernah kebayang semua bakalan semulus ini, gue kerja di sebuah perusahan dengan jabatan yang bagus ditambah punya usaha sendiri pula. Dan sekarang gue ga ragu-ragu lagi buat kasih kabar bahagia ini ke Dea, gadis manis gue. Setelah kerja keras ini, alhasil HP pun pasti kebeli dong. Dan Alhamdulillah sebuah rumah pun berhasil gue beli dengan usaha, kerja keras dan doa gue. Terimakasih tuhan.. :)
Langsunglah gue telpon si Dea,
“dee…. Apa kabar ?” ucap gue. “dewooooooo, kemana aja sih jahat baru kasih kabar” jawab Dea. “de, bisa ga kamu ke Jakarta? Aku balom bisa ke Bandung..”, “iya gue ngerti, kapan? Lu jemput gue di terminal ya ?” ucap dea. “secepatnya de” jawab gue. “okee, besok kan weekand gue kesana” jawab dea. “besokk?? Bener ya, ga sabar ketemu lu de”, “iyaa gue juga woo” jawab dea.
Percakapan kami pun hanya sampai disitu, karna kami ingin melepas rindu itu besok saat kita bertemu. Cinta pertamaku yang ku kenal sejak SMP, dan ku cintai sejak SMA dan kini berpisah kurang lebih 6 tahun ini. Akhirnya besok gue akan ketemu sama gadis manis gue, “DEA”.
Keesokan harinya …
Gue ga sabar ketemu gadis manis gue “DEA”, gue bergegas pergi ke terminal buat jemput dea. Sejam berlalu gue nungguin dea di terminal. “maanaa ya, ko belom muncul-muncul si de??” ucap gue dalam hati gelisah. *gatau gue yang kecepetan datengnya efek ga sabar, apa emang si dea nya ya yang ga dateng-dateng..
“Dewooooooo …….” Teriakan itu membuat gue bersemangat.
“Deaaaaa …..” ucap gue yang ga kalah bersemangat saat gue liat gadis manis gue ada di hadapan gue. Gue dan dea pun langsung berpelukan melepas rindu, ingin rasanya pelukan itu ga pernah gue lepas. Tapiii …………………….
“woo, dewooo … lepasin dong susah nafas nih” ucap dea. Aiihhh, si dea ini bener-bener ngerusak moment bahagia gue deh. Upsss tapi emang gue juga si meluknya lupa diri.. hehehehe
Gue langsung ngajak dea jalan-jalan muteri Jakarta, terus kita duduk berdua ngobrol banyak tentang gue dan dea……..
“woo, gue denger ortu lu ….” Ucap dea. “de, jangan bahas mereka ya. Plis..” jawab gue. Akhirnya kami pun mengganti topik pembicaraan.
“lu apa kabar de? Gue denger lu udah jadi dokter sekarang. Selamet ya” ucap gue, “ihh lu tau dari mana wo?” tanya dea. “emmm, gue pernah tanya sama bimo. Lu hebat de, akhirnya impian lu bisa tercapai”, “ahh jahat, lu ga pernah ngubungin gue tapi lu malah ngubungin bimo” ucap dea kesal. “kan gue mau usaha dulu biar sukses, biar lu bangga sama gue. Jadi gue ga kasih kabar deh ke lu” jawab gue tertawa. “huuh jahat. Ehh ehh berarti sekarang lu udah sukses ya? Ya ya ??” tanya dea penasaran. “emmm gimana ya de, Alhamdulillah begitulah” jawab gue malu-malu. “wahhhhh hebat, lu kerja dimana? Kerja apa? Sekarang tinggal dimana?dll??” gue di banjiri begitu banyak pertanyaan dari dea. Gue pun menceritakann semua perjalanan gue dari nol sampe sekarang, mulai dari si bos yang baik hati, jadi sarjana ekonomi, punya usaha sendiri dan sampai saat ini. Dea pun begitu bersemangat mendengarkan cerita gue..
“hebatt, hebattt …!!” ucap dea dengan semangat. “ahh, bu dokter yang satu ini juga hebat ko” jawab gue. Dea pun meminta gue mengajaknya menemui bos baik hati itu, lalu meminta gue mengajaknya ke rumah makan gue dan ke rumah hunian hasil usaha gue. Begitu terkesimanya dia, melihat hasil kerja keras gue selama ini. Tak hentinya dia berkata “hebat” dan begitu banyak pujian-pujian yang dia lontarkan ke gue. Betapa bangganya hati gue ngeliat gadis manis gue begitu kagum melihat hasil usaha gue. Pengen banget rasanya gue peluk dia erat-erat sambil bilang “ini semua buat lu de, buat lu” tapi rasanya perasaan yang sudah sangat lama gue pendam ini akan terus selamanya gue pendam. L
Di balik lamunan gue, tiba-tiba dea berkata “gue masih nunggu lu wo sampe sekarang” kata-kata yang sama yang dia ucapkan di telpon waktu itu. Gue masih mengartikan yang sama seperti waktu itu, yaaa dea masih nunggu gue balik ke Bandung. Yaa ituu ..!!
“oiya, gimana kotaknya. Udah dibuka?” tanya dea. (kotak yang pernah dea kasih sebelum gue pergi).“ya ampun, belom de. Niatnya mau gue buka depan lu disaat gue udah sukses. Tapi ketinggalan dirumah. Nanti ya, gue buka depan lu” ucap ku sambil tersenyum.
Setelah seharian gue ngabisin waktu sama gadis manis yang gue sayang itu, rasanya perasaan ini ga sanggup lagi gue tahan. Ga sanggup lagi gue menahan perasaan yang udah terlalu lama gue tahan. Gue pun ngajak dea pergi ke luar. Gue memberhentikan motor gue di pinggir jalan, dea pun terlihat bingung. saat ini gue ga sanggup lagi nahan perasaan itu, gue ga sanggup lagi !!
Bulan ini di awal bulan April, yaaa 1 April. April, bulan kelahiran Dea.. dan ulangtahun Dea pun tinggal menghitung hari lagi. Tak ragu lagi, gue pun mencoba jujur tentang perasaan yang telah begitu lama gue simpan ini.
“deee….” Ucap gue, “kenapa wo ?” jawab dea bingung. gue mau jujur sama lu”, “kenapa si, serius banget kayaknya” sekali lagi tanya dea bingung. “gue suka sama lu dari awal gue kenal lu, dan gue semakin yakin sama perasaan ini waktu kita SMA, berat buat gue ninggalin Bandung karna gue harus ninggalin lu de. Berat banget rasanya nyimpen perasaan ini begitu lama. Gue berusaha buat sukses, dan sampe akhirnya gue dapetin semua ini. Ini semua buat lu de, buat lu. Bertahun-tahun perasaan ini begitu menyiksa gue, tapi sekarang gue ga sanggup lagi nahan perasaan ini De” ucap gue lirih. Jujur, perasaan ini sungguh nyiksa gue. Perang batin antara jujur dan tidak, antara yakin dan ragu. Setelah gue ucapkan semua perasaan itu, sedikit lega rasanya hati ini. Namun ketakutan akan penolakannya begitu kuat. Jantung ini seakan berhenti rasanya menunggu jawabannya. Sampai rasanya gue mau menarik kembali perkataan yang udah gue ucapkan ke Dea barusan.
“emmm, emmm bukannya dewo Cuma anggep Dea sahabat?” tanya dea ragu-ragu. “lebih de, lebih dari itu…” jawab gue meyakinkan. “sejak kapan dewo punya perasaan ke Dea?” tanya dea. “kan gue udah bilang, dari awal gue kenal lu de”. “masa sii??” tanya dea lagi. Pertanyaan-pertanyaan dea itu ngebuat gue semakin takut akan penolakannya. “jadi gimana, lu mau ga de jadi pacar gue?” tanya gue sekali lagi meyakinkan. “sebenernyaaaa……” ucap dea. “sebenernya apa de?” tanya gue penasaran. “lu yakin wo sama perasaan lu?” tanya dea.
Yaaa tuhann, pertanyaan-pertanyaan dea semakin membuat gue yakin aka ada penolakan dari dia. Ingin rasanya gue tarik lagi omongan gue ke dea barusan…..
“ini beneraan wo ?” tanya dea meyakinkan. Gue pun Cuma diem karna gatau lagi mau ngomong apa, andai waktu bisa gue puter ulang. Gue mau narik kata-kata gue barusan !! “wooo, benerannn ga??” sekali lagi dea meyakinkan.
“emmmmmm,, “APRILMOOP” hahahaha boong lah de. Lu itu sahabat gue yang paling baik yang selalu ada buat gue. Ihh tampang lu langsung malu-mali gitu si de. Hahaa” jawab gue mencoba menutupi lagi perasaan itu. “maaf de, masih belom bisa jujur ke lu” ucap gue dalam hati. “hah, boong??” tanya dea meyakinkan. “iyaalahh gue becanda ko de. Aprilmoop…haha” jawab gue meyakinkan.
Tiba-tiba gue lihat dea langsung menundukan kepalanya seakan kecewa. Gue pun bingung harus berkata apa. “maaf ya de, becanda gue kelewatan” ucap gue sambil mengelus kepalanya. Tiba-tiba ………………………
“lu tau ga wo, gue juga punya perasaan yang sama ke lu. Bertahun-tahun gue nyimpen perasaan gue ke lu. Berkali-kali gue kasih sinyal-sinyal harapan ke lu, tapi kenapa lu ga pernah ngerti wo. Kenapa?? Lu cowo yang gue sayang, yang gue harepin jadi suami gue nantinya. Betapa bangganya gue liat lu sukses sekarang. Bertahun-tahun gue nunggu moment bahagia ini, lu bilang cinta ke gue. Seneng banget rasanya gue denger kata-kata dari lu tadi. Tapi ternyata apa woo ?? lu jahat wo, lu jahat. Tega banget lu giniin gue woo, 9tahun juga gue nyimpen perasaan ini, gue nunggu lu. Lu jahat wooo, JAHAT !!”.
Ya tuhaann, jantung ini rasanya benar-benar berhenti mendengar kata-kata itu keluar dari mulut Dea..
Gue lihat dea yang tadi berada di samping gue, langsung pergi ninggalin gue dengan tetesan airmatanya dan sekali lagi dia berkata “LU JAHAT WO !!”. Dea yang langsung pergi ninggalin gue, menyebrang tanpa melihat sebuah truk besar berjalan ke arahnya. Dan tiba-tiba ………………
“aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa………………………………………..” teriakan dea menyadarkan penyesalan gue.
“deaaaaa………………………………………………………………………….” Teriak gue menghampiri gadis manis yang gue sayang. Dan …………………..
Dea Aprilia, gadis manis yang gue sayang telah tergolek tak berdaya bersimbah darah di sekujur tubuhnya. “de, dee….” Panggil ku mencoba membangunkan dea yang tak sadarkan diri.
Gue langsung bawa dea ke Rumah Sakit terdekat, namun sesampainya di RS dokter bilang dea udah ga ada.
Ya ALLAH, gadis manis ku yang ku sayang menemui ajalnya di hadapan ku, karena kesalahan ku. Tangis penyesalan ini begitu mendalam, tapi semua itu ga akan bikin dea balik lagi ke dunia ini. Gue ga tau gimana caranya ngasih tau ke orangtua dea, kalo anaknya udah ga ada. Tuhaaaannn, sekali lagi tolong akuu !!
Gue harus kasih tau keluarga dea, dengan berlinangan airmata gue kasih tau keluarga di Bandung. Nyokapnya histeris denger kabar ini, dan dari telpon gue denger isak tangis itu begitu haru..  :(
Gue langsung bawa dea ke Bandung, sampe di rumah duka semua udah ngumpul disana. Orang tua dea, temen-temen gue dan gue liat ortu gue pun ada di situ.. isak tangis itu semakin pecah saat jenazah dea di turunkan..
Ya tuhan cobaan apa lagi ini, tak sanggup aku melihat gadis manis ku terbujur kaku di hadapan ku. Maafin gue de, maafin gue udah mainin perasaan lu. Udah ga jujur sama lu, gue sayang sama lu de dulu,sekarang dan seterusnya. Kenapa harus dengan cara kayak gini lu pergi de, ini semua salah gue. SALAH GUE !!
Gue pun harus ngerelain kepergian dea buat selamanya……

Gue lihat disana orangtua yang udah gue tinggalin selama kurang lebih 6 tahun, terlihat menatap ke arah gue. Pengen banget rasanya gue peluk mereka, tapi kaki ini rasanya berat banget buat ngelangkah ke arah mereka. Gue pun Cuma diem sendiri, masih merenungi kepergian gadis manis gue “DEA APRILIA”. Tiba-tiba …..
“dewoooo…” suara lembut itu ga pernah gue lupa. Mama, yaa mama…
“mama-papa..” ucap gue ragu. “boleh bicara?” tanya mama. “boleh” jawabku singkat. Mereka menjelaskan semua telah berubah semenjak kepergian gue dulu. Nyokap bilang, dia udah bener-bener ninggalin dunianya. Yaa dunianya. Plis jangan minta gue sebut lebih jelas !
Bokap pun katanya udah balik lagi ke kehidupannya yang bener. Mereka bener-bener jadi keluarga yang harmonis seperti yang orang-orang banggain dulu. Dan kali ini tanpa kebohongan. Mereka kembali mengingat tuhan, kembali jadi orang yang bener. Jujur rasa sakit itu pun masih ada, tapi gue ga bisa boong kalo gue sayang sama mereka. Mereka juga Cuma manusia yang punya salah sama kayak gue yang udah bikin dea pergi dari dunia ini buat selamanya. Gue pun bercerita banyak tentang hidup gue saat ini, mereka pun bangga sama gue dan minta gue pulang ke Bandung buat menata hidup baru bersama mereka. Gue pun ga nolak ajakan mereka, karna gue sadar gua adalah anak mereka. Persetan dengan siapa bokap gue yang sebenernya. Tapi gue punya mama-papa yang begitu sayang sama gue.
Gue pun balik ke Jakarta buat mengundurkan diri dari pekerjaan gue saat itu, usaha gue pun masih tetep berjalan meskipun gue tinggal di Bandung. Gue bawa barang-barang gue ke Bandung. Dann …
Inilah kamar gue, yang udah gue tinggalin kurang lebih 6 tahun. Ga ada yang berubah disini, semua masih sama. Waktu gue ngerapihin barang-barang gue, Tiba-tiba……
“kotak merah pemberian dea” ucap ku dalam hati.. astaga kenapa gue lupa buka hadiah dari dea sebelum gue pergi. (sebelumnya gue berniat buka kado itu setelah gue sukses dan gue buka dihadapan dea) tapii…….
Maaf de, baru gue buka sekarang..

Gue buka kotak itu dan berisi sebuah surat ..
“buat Dewo yang gue sayang…
Bertahun-tahun gue kenal sama lu, bertahun-tahun kita selalu sama-sama udah numbuhin perasaan yang lebih dari sahabat di hati gue wo. Gue udah kasih sinyal-sinyal ke lu, tapi lu ga pernah kasih gue respon. Sampe akhirnya gue simpen perasaan ini selama bertahun-tahun. Gue ga rela wo, lu pergi. Gue mau lu disini, bilang sayang sama gue. Lu baik-baik ya di Jakarta, tetep inget ALLAH dan inget gue. Hehe
Sampe kapan pun gue akan terus sayang sama lu wo, gue akan tunggu lu .. “tunggu lu”. Tunggu lu bilang cinta wo”

Astaga, betapa bodohnya gue ga pernah sadar sama kata-kata dea. “gue bakal nunggu lu wo”, “gue sayang lu wo”, “lu lebih dari temen dan sahabat buat gue”.
 ya tuhan maafin dewo udah buat dea pergi dari dunia ini buat selamanya karna kesalahan dewo. Dan di hari ulang tahun Dea di bulang April ini, membuat gue semakin menyalahkan diri gue karena di hari ulang tahunnya Dea udah ga ada. Ga henti-hentinya gue nyalahin diri gue sendiri, berhari-hari berbulan-bulan gue masih belom bisa terima kepergian dea. Apalagi kalo gue inget surat terakhir dea..


Sekali lagi, buat Dea gadis manis ku …
“maafin dewo yang ga bisa jujur ke dea tentang perasaan ini. Dewo takut ada penolakan dari dea. Maafin dewo yang ga pernah paham kalo dea juga punya perasaan yang sama ke dewo. Maafin dewo yang terlalu bodoh baru sadar sama semuanya di saat dea udah ga ada. Maafin dewo yang bikin dea pergi dengan cara kayak gini. Maafin dewo yang ga bisa bahagiain dea selama ini. Maafin dewo, maafin dewoo, maafin dewo..
Semoga dea tenang disana,
Salam sayang dewo selalu buat dea, sampe kapanpun..
Gadis manis yang dewo sayang .. “DEA APRILIA”

          Hari-hari berlalu setelah kepergian dea, bukan hal yang mudah buat gue bisa bangkit. Sebulan, dua bulan sampe akhirnya setahun. Gue baru bisa bangkit. Berkat dukungan ortu gue yang selalu nyemangatin gue, sampe akhirnya sekali lagi gue bangkit. Yaa, gue bangkit !! gue pun menata hidup gue yang baru bersama mama dan papa gue. Dan Dea Aprilia akan selalu menjadi gadis manis yang gue sayang sampe kapanpun……………..




Merpati Yang Hilang

Memandang mu terlalu sulit untuk ku
Menatap mu terasa sakit bagi ku
Tangis pilu melepas kepergian mu . .
Gadis manis pujaan hatiku..

Ingin ku peluk erat tubuh mu
Namun menyentuh mu pun aku tak mampu
Hati kian tersiksa melihat mu membisu
Terbujur kaku di hadapan ku . .

Merpati itu telah hilang ..

Seraut wajah pucat  terkapar kaku di hadapan ku . .
Tak ingin aku tertinggal bersama bayanganmu
Tak ingin aku tersimpan bersama kenangan mu . .

Tak ingin aku beranjak dari mu
Tapi kamu tak lagi bisa cintai aku
Karna kamu telah jauh dari ku
Pergi meninggalkan dunia yang fana ini
Untuk selamanyaaaaa . . . .
Meski kamu tak lagi terlihat oleh mata
Namun cinta mu akan selalu terasa . .


Hidup adalah menjalani apa yang tuhan titipkan kepada kita,
Merawat dan menjaga apa yang tuhan kasih untuk kita,
Dan bersyukur dari setiap yang tuhan beri untuk kita ..
Manusia ga pernah luput dari salah, tapi HEBAT saat kita sadar untuk berubah..
Tuhan ga pernah kasih cobaan melebihi kemampuan kita,
Saat tuhan berikan cobaan itu, dia tau kalau kita mampu hadapi semuanya..
Saat kita jatuh, saat kita terpuruk tuhan selalu ada bersama kita
Orangtua juga manusia yang bisa salah, tapi betapa hebatnya kita bisa memaafkan dan sama-sama merubah kesalahan menjadi sebuah kebahagiaan yang indah..
CINTA adalah anugrah terindah yang tuhan berikan pada manusia,
Jangan pernah ragu ungkapkan cinta pada dia yang kamu yakini, dan jangan pernah takut apapun nanti jawabanya
Dan sekali lagi ….
Untuk ikhlas itu sulit, tapi mau belajar menerima itu HEBAT..  :)

0 komentar:

Posting Komentar