Jumat, 13 April 2012

ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU (GEOBOARD)



ALAT PERAGA
1.     PAPAN BERPAKU (GEOBOARD)
Papan paku atau dikenal juga dengan geoboard dibuat dari papan, berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar. Pada papan itu dibuat bujur sangkar-bujur sangkar kecil yang pada setiap titik sudutnya ditancapkan paku setengah masuk dan setengah lagi masih timbul. Dalam hal ini akan di tambahkan sebuah dadu yang tiap mata dadunya berisi rumus-rumus luas dari bentuk bangun geometri.


2.     Alat dan Bahan :
Papan, Paku, Karet gelang, dan Dadu

3.      MANFAAT PAPAN BERPAKU
1.      *Guru dapat dengan cepat menunjukan bermacam-macam bentuk geometri, seperti segitiga, persegi, persegi panjang, dan sebagainya.
2.      *Siswa juga dapat lebih mudah mengikuti guru dalam membuat bentuk geometri tanpa memerlukan banyak waktu untuk menggambar di kertas, tanpa menggunakan penghapus, penggaris, pensil dan kertas.
3.      *Dengan papan paku ini juga dapat di cari luas dan keliling dari bangun tersebut.
4.  *Dengan ditambahkannya pemakaian dadu, maka siswa akan lebih mudah untuk menghafalkan rumus-rumus luas dari bangun geometri datar tersebut.

4.     Langkah – Langkah Pembuatan
1.     * Siapkan papan kayu, paku, karet gelang, dan mata dadu.
2.   *Tancapkan paku-paku yang telah disediakan pada papan kayu sehingga paku menjulang di atas permukaan papan dengan jarak antar paku yang sama dan beraturan.
3.  *Ganti mata dadu dengan rumus luas macam-macam bangun datar, yaitu persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium dan layang-layang.

5.  Cara Penggunaan
1.      Dimainkan oleh dua orang, masing-masing menggunakan karet dengan warna berbeda.
2.      Mengosongkan papan paku terlebih dahulu.
3.      Menyediakan karet gelang dua warna yang berbeda sebagai alat yang bisa membentuk bangun datar yang diinginkan.
4.      Mengocok dadu, lalu lihat rumus bangun apa yang keluar. Setelah itu bentuklah bangun geometri sesuai dengan rumus yang keluar tersebut.
5.      Menentukan ukuran bangun datar yang akan kita buat pada papan paku. Bangun datar yang dibentuk misalnya bangun datar yang sederhana, seperti persegi, persegi panjang, layang-layang, jajargenjang, segitiga dan trapesium.
6.      Membuat bangun datar tersebut pada papan paku dengan meregangkan dan mengaitkan karet yang tersedia pada paku-paku di atas papan tersebut.
7.      Lalu, Menghitung luas bangun tersebut.
8.      Lalu ulangi kembali hal yang sama oleh pemain kedua.


Dengan Aturan Main :
1.        Papan paku dipenuhi karet gelang oleh pemain satu dan pemain dua.
2.      Setiap kali pemain melakukan kesalahan dalam membentuk dan menghitung luas bangun datar, maka pemain tidak boleh meletakkan karetnya di papan berpaku.
3.      Setelah papan paku sudah dipenuhi karet, maka pemain dengan jumlah karet terbanyak dinyatakan menang.

6.     Kelebihan Papan Berpaku
Media papan berpaku ini memiliki kelebihan-kelebihan yaitu: 1) Bentuknya sederhana sehingga mudah pembuatannya; 2) Lebih ekonomis karena biayanya murah dan dapat dipakai berkali-kali; 3) Bahan dan alat produksinya mudah diperoleh; 4) Terdapat unsur bermain dalam penggunaannya karena dapat digunakan untuk membentuk  macam-macam bangun datar dengan permainan karet gelang.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

good :D

Roni Kautsar mengatakan...

ijin copas ya :)

Poskan Komentar